Jurusan Kimia UNILA



Jurusan Kimia
Sejarah
Pendirian Jurusan Kimia sebagai bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung berawal dari rencana jangka panjang pengembangan Unila yang dinyatakan dalam SK rector pada tanggal 6 mei 1986 Nomor 34/KPTS/R/1986 mengenai pembentukan Panitia Persiapan FMIPA.
Selanjutnya pada tanggal 13 Februari 1989 Dirjen DIKTI mengesahkan pembentukan program studi jurusan kimia sesuai dengan SK Nomor 07/DIKTI/KEP/1989. Secara administrast Program Studi Jurusan Kimia berada dibawah Fakultas Pertanian, tetapi dalam pelaksanaannya bertanggung jawab langsung kepada Rektor (SK No 111/KPTS/R/1989). Berdasrkan SK tersebut Program Studi Kimia pada tahun 1989 mulai menerima mahasiswa baru S1.
Peningkatan status dari program studi menjadi jurusan pada tahun 1994, yakni pada tanggal 15 Desember 1994 dengan terbitnya SK Dirjen dikti No 301/DIKTI/KEP/1994.
STRUKTUR ORGANISASI
Ketua jurusan                                          : Andi Setiawan, Ph.D.
Sekretaris Jurusan                                  : Dr. Suripto Dwi Yuwono, M.T.
Kepala Laborratorium
Kimia Dasar                                            : Wasinton S. Ph.D.
Kimia organic                                          : Prof Dr. Tati Suhartati, M.S.
Kimia anorganik dan  fisik                      : Prof Sutopo Hadi, Ph.D.
Biokimia                                                  : Dr Yandri A.S, M.S.
Kimia analitik dan Instrumentasi           : Heri Satria, M.Si.
Saat ini, tenaga pengajar Jurusan Kimia FMIPA Unila berjumlah 31 orang, yang memiliki kualifikasi pendidikan yang sangat sesuai dengan jurusan Kimia dan merupakan lulusan-lulusan universitas ternama di dalam dan di luar negeri. Selain itu juga tenaga pengajar jurusan Kimia FMIPA juga telah bersertifikasi pendidikan dan meraih gelar guru besar di bidang ilmu kimia dan akan terus menghasilkan guru besar di bidang ilmu kimia.

Komentar