SCIENCE PROJECT (Lomba Majalah Dinding)



SCIENCE PROJECT (Lomba Majalah Dinding)
Lomba mading atau yang sekarang sudah  berganti nama menjadi science project adalah salah satu rangkaian dari kimia Expo XVII yang diperuntukkan bagi siswa/siswi SMA/MA/sederajat di provinsi Lampung yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa/siswi dalam bidang jurnalistik sains. Science project merupakan salah satu program kerja (progja) Biro Penerbitan Himpunan Mahsiswa Kimia (Himaki) yang Alhamdulillah telah terlaksana pada bulan Maret, tepatnya pada tanggal 09 Maret 2013. 

Dengan adaya acara ini diarapkan dapat menjadi sarana pengembangan kreatifitas dan membuka cakrawala ilmiah dalam bentuk majalah dinding, menjadi wadah minat dan bakat dalam bidang jurnalistik serta menjadi ajang pengenalan jurusan kimia FMIPA Unila kepada seluruh SMA/MA/sederajat di Lampung.
Tema yang diangkat yaitu “Tingkatkan Kreatifitasmu Melalui Jurnalistik Sains” dengan dua topic mading yaitu “Energi Terbarukan” dan “Be Creative by Recycle”. Materi atau isi majalah dinding ini tidak hanya berhubungan dengan ilmu kimia saja, namun berhubunan juga dengan aplikasi ilmu kimia itu sendiri. Acara ini diikuti oleh 9 tim SMA/MA/sederajat se-provinsi Lampung, dimana satu timnya terdiri dari tiga orang siswa/siswi SMA/MA/sederajat dengan satu guru pendamping.

Dewan juri pada lomba science project kali ini berasal dari mahasiswa Unila yang berkompeten dalam bidangnya, yaitu satu orang mahasiswa dari UKMP Teknokra dan satu orang mahasiswa dari UKMF Natural serta satu orang dosen jurusan kimia. Adapun criteria penilaiannya meliputi aspek keindahan, kebersihan, kreatifitas, kedisiplinan serta kesesuaian antara isi materi dengan topik mading. Dari seluruh peserta yang mengikuti lomba, diambil juara I,II, dan III. Juara I diperoleh oleh SMAN 1 Bandar Lampung, juara II SMAN 1 Bukit Kemuning, dan juara III SMAN 16 Bandar Lampung.

Selain itu juga diambil uara harapan I yang diperoleh oleh SMA Xaverius Bandar Lampung. Selain acara science project, juga diadakan kegiatan Chemistry Care (Cheker) yang diadakan di Desa Seputih Banyak. Alhamdulillah acara ini telah terlaksanakan pada tanggal 24-25 Maret 2013. Pada kegiatan Chemistry Care ini terdapat serangkaian acara. 

Komentar