6 Tips Ampuh Lulus Kuliah dengan Segera



6 Tips Ampuh Lulus Kuliah dengan Segera


1. Tetapkan target
Hidup ini akan berjalan tanpa arah kalau kalian gak punya tujuan dan target. Demikian juga dengan kuliah.  Apa tujuan kuliah? Lulus.Jawaban yang masih abstrak. Seharusnya pertanyaan itu ditambah. Mau lulus berapa semester? Hal ini penting, agar kalian bisa merencanakan perjalanan kuliah kalian. Sejak sekarang, tetapkanlah target berapa tahun kalian akan lulus. Tapi ingat, dalam menetapkan target, harus realistis.

2. Teman Sekelas yang Rajin. Gender Tidaklah Penting.
Dunia perkuliahan itu kejam, sobat. Gue tekankan pernyataan ini berkali-kali. Karena itu, akan sangat meringankan beban kalau kalian punya seseorang yang bisa diandalkan dalam melalui ini semua. Mahasiswa rajin selalu ingat jadwal kuliah, sehingga dia bisa mengingatkan kalian setiap saat ada kuliah. Mahasiswa rajin rela merogoh koceknya untuk membeli buku atau modul kuliah, sehingga kalian bisa meminjamnya ketika membutuhkan dan satu aja pesan gue, jangan pernah memberikan kesan bahwa kalian hanya datang menemuinya cuma kalau lagi butuh, Itu menyebalkan.
3. Menjadi Komting/Ketua Kelas
 Apapun istilahnya di kampus kalian, jabatan inilah yang berfungsi sebagai pemimpin kelas, sekaligus menjadi penghubung kelas dengan dosen pada suatu mata kuliah.Jabatan yang sangat prestisius. Asalkan gak parah-parah amat dalam proses kuliah, seorang komting/ketua kelas hampir bisa dipastikan akan lulus mata kuliah bersangkutan.Ya..minimal C dapat lah. Mengapa bisa begitu? Dengan menjabat sebagai komting/ketua kelas, kalian akan kenal, sering berhubungan, dan pada akhirnya menjadi dekat dengan para dosen. Hal inilah yang memicu para dosen yang budiman itu gak tega untuk memberi kalian nilai E. Apalagi, nilai A bukan lagi suatu hal yang mustahil walaupun tanpa belajar mati-matian.

4. Kreatif dalam mengerjakan ujian
Tak peduli seberapa keras kita belajar sebelum ujian, para dosen yang budiman itu tetap saja bisa membuat soal yang tidak kita pahami. Bagaimana kalau hal itu terjadi? Mengosongkan lembar jawaban karena frustasi bukanlah tindakan yang bijaksana, kawan. Dosen akan langsung terpancing menulis “D” atau “E” sebagai nilai kita begitu melihat lembar jawaban ujian yang kosong. Terkadang, ada dosen yang masih menghargai usaha kita dalam mengerjakan ujian, meskipun jawabannya salah. Bahkan sekedar “ongkos nulis” akan sangat membantu mendongkrak nilai kalian di KHS (Kartu Hasil Studi) nanti.



5. Raih simpati dosen killer
Dosen dengan kategori “standart”, berdasarkan pengalaman), sudah bisa di-”takhlukan” kalau kalian menerapkan tips-tips di atas.Tapi untuk kategori dosen killer, ada kalanya tips-tips di atas masih belum manjur.Dalam menghadapi dosen killer, butuh perlakuan khusus. Dosen Killer adalah tipe manusia langka yang berbeda dengan manusia pada umumnya.Oleh karena itu, pendekatannya juga harus berbeda. Cara mudahnya, usahakan kalian bisa meraih jabatan Komting/Ketua Kelas untuk mata kuliah yang ditangani oleh Dosen Killer. Dengan menjadi komting/ketua kelas, kalian akan punya akses khusus dengan dosen killer. Langkah pendekatan dalam usaha meraih simpati dosen killer akan menjadi jauh lebih mudah. Selalu terapkan rekomendasi yang sudah dijelaskan pada bab “Menjadi komting/ketua kelas” di point no.3 di atas untuk hasil yang maksimal. Selanjutnya terserah anda.

6. Berdoa
Target sudah ditetapkan, usaha dengan berbagai cara sudah dilakukan. Tips terakhir yang perlu kalian ikuti adalah berdoa dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa. Ini sangat penting. Karena seberapa keraspun kalian berusaha, kalau tidak dibarengi dengan doa, hasilnya tidak akan maksimal.

Demikianlah 6 tips yang bisa gue bagikan dalam kesempatan ini.  Tapi ingat, di atas 6 tips tersebut, belajar tetaplah yang utama. Karena menurut gue esensi kuliah bukanlah mendapatkan ijasah dan IP tinggi, tapi bagaimana kita belajar untuk menjalani pahitnya kehidupan semasa di kampus, sebagai bekal agar kita siap mental dan fisik dengan tantangan yang lebih berat di luar sana. Last word from me, satu hal yang ingin gue tekankan adalah, dalam menerapkan tips-tips yang gue berikan kalian harus disiplin, jangan setengah-setengah. Totalitas perjuangan!! Pantang menyerah dan tidak putus asa apabila ada hambatan menghadang.Berusahalah semaksimal mungkin. Karena tanpa jerih payah dan kerja keras, target lulus dengan segera akan sangat sulit dicapai

Komentar