orientasi Profesionalisme Jurusan (OPJ)

Orientasi Profesionalisme Jurusan (OPJ) merupakan salah satu rangkaian program kerja Himpunan Mahasiswa Kimia yang dijadikan sebagai agenda wajib setiap tahunnya dalam rangka orientasi atau langkah pengenalan mahasiswa baru terhadap seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Kimia. Sebagai salah satu agenda khusus yang bertujuan untuk menjadi ajang silaturahim antar anggota baru keluarga Himpunan Mahasiswa Kimia dengan anggota lama Himpunan Mahasiswa Kimia yang dalam hal ini merupakan kakak tingkat dengan mahasiswa baru di jurusan Kimia.

Adapun kali ini, Orientasi Profesionalisme Jurusan diadakan pada hari Sabtu dan Minggu pada tanggal 20 dan 21 September 2014 yang berlokasi di Gedung Dekanat Lantai 3. Tahun ini kegiatan Orientasi Profesionalisme Jurusan Kimia diikuti oleh sekitar  117 Mahasiswa Baru yang berasal dari berbagai daerah di Bandar Lampung dan daerah-daerah Indonesia lainnya.

Acara OPJ hari pertama ini dibagi menjadi beberapa kegiatan yaitu :
1.       Pengkondisian Peserta
2.       Pembagian kelompok
3.       Pembukaan
4.       Materi I : IKAHIMKI
5.       Magic Sains
6.       Materi II: Pengenalan Kakak Tingkat
7.       ISOMA
8.       Materi III: Manajemen Laboratorium
9.       Tutorial Format Laporan dan Pengumuman

Sedangkan pada hari kedua, kegiatannya adalah sebagai berikut:
1.       Pengkondisian peserta
2.       Games
3.       Perbaikan Laporan Awal
4.       Praktikum
5.       Pembuatan Laporan Akhir
6.       ISOMA
7.       Presentasi Laporan
8.       ISO
9.       Pemilihan Komti dan Pengumuman

Dikutip dari pernyataan salah seorang peserta OPJ Septi Purnamasari yang memiliki NPM 1417011100 menyatakan kesannya saat mengikuti acara ini adalah “Asik, menyenangkan. Saya bangga dapat mengikuti acara OPJ ini dan dapat berkenalan dengan kakak tingkat dari angkatan 2010 hingga 2013. Kemudian Ketua Pelaksana acara OPJ Radho Al Kautsar 1317011058 menyatakan bahwa tidak ada kesulitan yang begitu berarti saat menyelenggarakan kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan harapannya agar kedepannya acara ini menjadi lebih memiliki kualitas yang meningkat dari tahun ke tahun. (Diani)

Komentar