Progja Bidang (CRTS)



 CRTS???
 


Apa sih CRTS itu?
CRTS (Chemistry Road to School) merupakan agenda Bidang Sosial Masyarakat (Sosmas) Himaki FMIPA Unila yang bertujuan untuk memperkenalkan Perguruan Tinggi Negeri khususnya Universitas Lampung dan memberikan informasi tentang Jurusan Kimia Fakultas MIPA kepada siswa kelas 12 IPA. Selain itu, Bidang Sosmas sendiri memberikan info tentang jalur-jalur pendaftaran masuk ke perguruan tinggi negeri serta info beasiswa agar siswa/i SMA termotivasi untukmelanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Kenapa diadain CRTS?
Kegiatan ini didasari oleh masih adanya siswa/i di beberapa daerah yang  kurang berminat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Oleh karena itu, melalui berbagai info yang diberikan, bidang Sosmas berharap siswa/i dapat meningkatkan prestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik dan dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri.

Kapan aja nih jadwal kegiatan CRTS?
Jadwal kegiatan CRTS diusahakan diawal semester karena belum terlambat untuk memberi motivasi kepada mereka agar melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. CRTS yang telah dilaksanakan pada minggu pertama Oktober 2015 di Kabupaten Tanggamus dan minggu kedua November 2015 di Kabupaten Pringsewu.

Sekolah mana aja kak yang dikunjungi?
Di tahun kepengurusan ini diutamakan sekolah-sekolah yang jauh dari Bandar Lampung dan daerah pesisir. Selain itu, kami juga mengunjungi sekolah yang selama 2 tahun kepengurusan sebelumnya belum pernah dikunjungi. Sekolah yang sudah di kunjungi antara lain:  SMA N 1 Gunung Alip, SMA Muhammadiyah 1 Gisting, SMA N 1 Sukoharjo, MAN 1 Pringsewu, SMA N 1 Banyumas, dan SMA Muhammadiyah Pringsewu.

Gimana respon para siswanya?
Siswa/i nya banyak memberikan pertanyaan sehingga sosialisasi dan diskusi berjalan sangat interaktif.

Harapan dari diadakannya CRTS apa nih kak ?
Setelah kunjungan kami,  siswa/i diharapkan mampu meningkatkan prestasi akademik dan semangat belajar mereka, termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri, serta lebih paham tentang Jurusan Kimia. Adapun bagi pengurus Himaki, CRTS mampu menjadi wadah mereka untuk bersosialisasi. (Leony)

Narasumber : Yudha Ari Satria (Ketua Bidang Sosial Masyarakat) dan Dona Mailani Pangestika (Sekretaris Bidang Sosial Masyarakat)

Komentar