Pengukuhan gelar PROFESOR kepada Yandri A.S



PENINGKATAN KESTABILAN α-AMILASE DARI BAKTERI LOKAL Bacillus subtillis ITBCCB148 DENGAN MODIFIKASI KIMIA INDUSTRI


Oleh :

Dr. Ir. Yandri A.S, M.S (Dosen Ilmu Biokimia)



Penggunaan enzim dalam bidang industri semakin meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan industri, khususnya industri pangan dan minuman. Indonesia merupakan egara tropis yang kaya akan sumber alam hayati, terutama mikroba penghasil enzim, termasuk enzim α-amilase.

Penting utuk mengembangkan teknik produksi enzim dan teknik-teknik untuk meningkatkan kestabilan enzim, sehingga tidak selalu tergantung pada sumber dari luar.

Pada umumnya, enzim tidak stabil pada kondisi pH ekstrim dan suhu yang tinggi (Goddelte et al., 1993), kondisi yang umumnya diperlukan dalam proses-proses industri.

Dalam industri diperlukan enzim termostabil, yaitu enzim yang bekerja secara optimum pada rentang suhu 60 ͦ -125 ͦ ( Vielle and Zeikus, 1996)dan pada rentang pH yang lebar.

Misalnya pada proses pembuatan sirup gula cair, untuk mengubah pati menjadi dekstrin diperlukan enzim yang stabil dan mempunyai aktivitas yang tinggi pad suhu sekitar 60 ͦ C (Godfrey and Reicheilt, 1983).

Hal-hal seperti yang telah diuraikan diatas mendasari beliau melakukan penelitian untuk mendapatkan gelar Profesor sebagai Guru Besar bidang Ilmu Biokimia di Universitas Lampung. Acara pengukuhan Guru Besar ini dilaksanakan pada tanggal 26 februari 2014 di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung pada pukul 8.00 WIB. Pada acara ini telah dihadiri oleh tamu undangan, staf dan para dosen FMIPA serta beberapa  mahasiswa. 

Selain pengukuhan Dr. Ir. Yandri A.S, M.S ada pula dosen dari jurusan fisika yaitu Drs. Simon Sembiring Ph,D sebagai guru besar bidang Ilmu Fisika Material. (Aprilia)

Komentar