Pengukuhan Gelar PROFESOR kepada Buhani Cik Asan

Buhani Cik Asan, anak petani lada yang menjadi guru besar perempuan termuda di lampung.
Terlahir sebagai anak tertua dari lima bersaudra, Buhani di lahirkan di Desa Way Tuba Kecamatan Gunung Labuan Kabupaten Way Kanan pada tanggal 16 April 1969 dari orang tuanya  Hi. Cik Asan (alm) dan Ibu Hj. Masripah. Kedua orang Tua begitu gigih berjuang untuk menyekolahkan anak-anaknya meskipun dengan segala keterbatasan baik pendidikan, ekonomi, serta berada di desa jauh tertinggal. Setelah menyelesaikan SD pada tahun 1982, Buhani melanjutkan ke SMPN Kedaton kemudian pada tahun 1985 melanjutkan sekolah ke SMAN 5 Tanjung Karang (SMAN 9 Bandar Lampung) dan lulus dengan nilai EBTANAS Murni (NEM) tertinggi. Setelah menyelesaikan SMA, Buhani diterima diprogram studi Kimia FKIP Universitas Lampung melalui jalur PMDK dan lulus dengan peringkat terbaik ke-2 FKIP pada wisuda periode November 1992. Di samping menghadapi tugas-tugas perkuliahan Buhani membantu mencari nafkah untuk membiayai sekolah adik-adiknya dengan menjadi guru privat, asisten praktikum, mengajar bimbingan belajar dan sebagai Honorer di sekolah swasta. Keluh kesah dan perjuangan hidup terobati semua adik-adiknya dapat bersekolah. Adik laki-laki tertuannya , Marwan Cik Asan melalui SMAN 3 Tanjunga Karang  diterima di jurusan Teknik Mesin Universitas Indonesia dan Alhamdullilah kini menjadi ketua DPRD Provinsi Lampung. Selama mengikiti kuliah, Buhani memperoleh beasiswa Tunjangan Ikatan Dinas (TID) dan berkat beasiswa tersebut Buhani sebagai dosen di Universitas Nusa Cendana Nusa Tenggara Timur. Orang tua Buhani keberatan akhirnya Buhani mencoba melamar di Universitas Lampung sebagai Teknisi Laboratorium. Berbekal beasiswa TID-nya, Buhani diterima sebagai Teknisi Laboratorium di Jurusan Kimia persiapan FMIPA Unila.

Buhani mendapat beasiswa Calon Tenaga Akademik Baru (CTAB) dari DIKTI melanjutkan pendidikan S-2 di Jurusan Kimia  FMIPA UGM pada tahun 1996 dan selesai pada tahun 1999. Pada tahun 2007 Buhani melanjutkan pendidikan Doktoral di Jurusan Kimia FMIPA UGM dan di selesaikan pada tahun 2010 dengan predikat Cumlaude.

Berkat dorongan yang kuat dari sang suami Sumadi, S.T.M.T (Dosen FT Teknik Elektro Unila) serta anak-anaknya Aulia rahman (SD Al-Kautsar Balam) dan Mahishal Rahman (SD Al-Kautsar Balam). Buhani membuat artikel Ilmiah yang di publikasikan melalui seminar dan diterbitkan pada jurnal-jurnal terakreditasi nasional maupun internasional, serta beberapa produk HIKI (paten).

Beberapa jurnal yang telah diterbitkan Buhani dengan tim-nya antara lain :
·         Pengaruh PH terhadap adsopsi ion logam gabungan Cu(II), Zn(II), Mn(II), dan Fe(II) pada asam humat.
·         Isoterm adsopsi ion Pb(II), Cu(II), dan Cd(II) pada biomassa nannochloropsis sp yang dienkapsulasi aquagel silika.  Production of metal ion imprinted polymer form mercapto-silica through sol-gel proses as selective adsorbent of cadmium. “Sejujurnya saya tidak pernah bermimpi akan menjadi guru besar , tetapi dengan satu tekad dan keyakinan, saya berusaha untuk melakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan terbaik. Dan mungkin ini anugrah dari Allah SWT atas segala kerja keras saya selama ini. Ini juga hadiah buad almarhumah ayah tercinta yang selalu mengutamakan  pendidikan bagi anaknya” (Prof.Dr.Buhani, S.Pd.,M.Si.) (Yunia, Cindy)


Komentar