Orientasi Prefesionalisme Jurusan (OPJ) 2013


Pada tanggal 4-5 September Himaki mengadakan acara Orientasi Profesionalisme Jurusan (OPJ), acara ini ditujukan pada Mahasiswa Baru jurusan Kimia. Pada hari, Rabu 04 September adalah hari pertama bagi mahasiswa baru jurusan kimia mengikuti acara OPJ, mereka sangat antusias untuk mengikuti acara ini begitupun panitia-panitia OPJ. Acar ini di hadiri dan di buka oleh ketua jurusan kimia pada pukul 07.30 WIB. Materi pertama yaitu tentang “IKAHIMKI” yang disampaikan oleh Ketua Himaki periode 2012-2013 Agung Supriyanto dari mahasiswa Kimia angkatan 2010. Peserta tampak antusias dan aktif dalam mendengarkan materi tentang “IKAHIMKI” ini. Setelah itu maba dikenalkan dengan kakak tingkat dari kimia angkatan 2009 sampai 2012. Acara pengenalan kakak tingkat ini pun berlangsung sangat heboh karena antusias dari peserta dan panitia sendiri, begitu sangat terasa kekeluargaan antar mahasiswa kimia ini J. Acara selanjutnya yaitu tentang pengenalan laboratorium kimia yang ada di Fakultas MIPA UNILA ini, para peserta mengikuti acara ini dengan mengunjungi satu persatu laboratorium kimia yang dibimbing oleh kakak asuh yang telah dipilih untuk mengawasi mereka saat kunjungan laboratorium kimia ini. Peserta pun dengan tertib dalam mengunjungi laboratorium kimia yang ada  di Fakultas MIPA UNILA ini. Kemudian selanjutnya pun mereka kembali mendapat arahan dalam penulisan laporan praktikum kimia.

Ke-esokan harinya, Kamis 05 September 2013 para peserta kembali mengikuti acara OPJ. Pada hari ke-2 OPJ acara pertama mereka melakukan praktikum kimia yang dilakukan di dalam laboratorium kimia, tapi sebelum itu mereka sudah mempersiapkan laporan awal praktikum yang tela di ajarkan mekanisme pembuatan laporan. Setelah praktikum selesai para pesertapun diberi waktu panitia untuk menyelesaikan laporan akhir praktikum mereka sebelum mereka persentasi hasil praktikum. Setelah menyelesaikan laporan awal praktikum ini mereka pun melakukan persentasi satu persatu kelompok praktikum. Begitu cerdas-cerdas nya mereka, begitu sangat berjalan lancar mereka mempersentasikan laporan praktikum mereka dan menjawab  pertanyaan dari dewan juri. Setelah semua kelompok telah melakukan persentasi lalu diumukanlah kelompok yang terbaik dalam mempersentasikan laporan praktikum kelompok mereka. Acara selanjutnya yaitu pemilihan komandan tingkat atau yang sering disebut komti. Pada tahun 2013 ini mahasiswa baru jurusan kimia adalah sebanyak 91 orang, maka dari itu dibagi menjadi dua kelas, kelas ganap dan kelas ganjil. Selain pemilihan komti juga diadakan pemilihan ketua kelas genap maupun ketua kelas ganjil. Maka terpilih lah satu komti 2013 dan dua ketua kelas,kelas genap dan kelas ganjil.

Acara OPJ yang diadakan pengurus HIMAKI ini bukan bertujuan untuk perpeloncoan atau sejenisnya, tetapi hal ini dilakukan agar mahasiswa kimia 2013 menimbulkan rasa cinta terhadap jurusannya ini yaitu kimia. Dan juga agar mereka bangga telah  bergabung bersama keluarga kimia dijurusan kimia Fakultas MIPA UNILA ini.  Dari serangkaian 2 hari acara OPJ ini begitu banyak pengalaman yang didapat dan membetuk kekeluargaan antar mahasiswa kimia semakin erat. “Walaupun capek, tapi gak sia-sia“ J ujar kebanyakan panitia OPJ ini. Begitu juga dengan peserta OPJ, begitu banyak pengalaman dan kesan-kesan yang didapat dalam acara OPJ ini. “seru pake banget, panitianya tegas, walaupun saya banyak ngelanggar aturan tapi saya sangat paham ini demi kebaikan juga buat nantinya. Begitu pula dengan temen-temen Kimia’2013 asik semua” ujar salah satu peserta OPJ, Rezky Adji  Pratama. Begitu pula dengan mahasiswi Kimia’2013, Dian Tati Ningsih peserta OPJ dia mengatakan bahwa “ Alat-alat di laboratoriumnya lebih lengkap dibanding di asal sekolahnya. Temen-temen nya pada seru-seru. Kalo sama panitia sih kesel tapi saya sadar ini juga untuk kebaikan kami”ujarnya. Dua hari yang telah dilaksanakan egiatan OPJ ini semoga makin mempererat hubungan kekeluargaan antar mahasiswa kimia serta semakin menimbulkan bangga dan cinta terhadap Jurusan Kimia ini J . Himaki, jaya jaya Huu !!! ^_^ ( fifi )



Komentar