16 Jenis Pekerjaan Untuk Mahasiswa (Part Time)


Mahasiswa seringkali menilai mahalnya biaya pendidikan menyebabkan bingung mencari pekerjaan yang tepat, guna mendapatkan segelintir uang untuk menutupi kekurangan dalam hal ekonomi. Kurang cocok dengan pekerjaan sampingan tentu tak baik pula untuk kesehatan masa study. Sehingga banyak di antaranya merasa canggung memilih kuliah sambil kerja.

Tak perlu ragu untuk memulai, masalah waktu sejatinya tergantung dari efisiensi ketepatan waktu luang setiap harinya. Sehingga banyak kegiatan pun tak masalah jika mampu manajemen waktu dengan baik. Jenis pekerjaan pula harus disesuaikan dengan bakat dan waktu yang dimiliki. Berikut beberapa contoh pekerjaan, mungkin saja sesuai dengan kebutuhan antum.


1. Les Privat
Pekerjaan yang satu ini banyak menyita perhatian khalayak mahasiswa. Selain mudah untuk mendapatkan pekerjaan, gaji lumayan untuk kebutuhan sehari-hari menjadi alasan utama para mahasiswa memilih pekerjaan ini. Banyak lembaga-lembaga yang didirikan mahasiswa untuk mewadahi pekerjaan ini.

Selain itu, penggunaan waktu mengajar bisa disesuaikan dengan waktu luang yang tersedia, biasanya habis magrib sampai sekitar jam delapan sudah selesai, tergantung kebutuhan peserta didiknya. Namun yang menjadi kendala adalah transportasi, bagi mahasiswa yang tidak membawa sepeda motor atau minimal sepeda karima (kari mancal) akan menyulitkan untuk datang ke rumah peserta didiknya.

2. Jual Pulsa
Menjual pulsa memang terasa sepele atau hal yang kecil. Tapi jangan salah dulu, semua hal besar di mulai dari yang terkecil bukan?. Kemudahan mencari pelanggan menjadi daya tarik tersendiri untuk pekerjaan ini. Teman dekat satu kelas atau teman kost pasti menjadi pelanggan setia, walau kadang utang.

Mengatur keuangan sangatlah penting, jangan sampai uang untuk modal malah buat jajan. Menjual pulsa hanya mendapat untung yang sedikit, sehingga perlu ketelitian dan kesabaran untuk menabung, maka uang untuk modal beli saldo masih ada, terciptalah perputaran uang yang sehat.

3. Menjual Makanan Ringan
Seiring dengan kemajuan teknologi, manusia tidak sadar diciptakan untuk budaya instan. Hal ini membawa dampak yang cukup besar dengan pola makan mereka. Banyaknya makanan cepat saji namun rendah gizi menjadi hal wajar untuk konsumsi setiap harinya.

Menjual makanan ringan menjadi solusi yang baik untuk respon positif wirausaha untuk kasus diatas. Menawarkan makanan yang cepat saji dengan mudah di sekitar lingkungan mahasiswa akan mempermudah keberlangsungan usaha dengan lancar. Menjadikan mahasiswa konsumtif sebagai sasaran peluang mendapatkan pundi-pundi rupiah.

4. Jasa Pengetikan
Bagi yang merasa punya laptop ngnaggur, bisa di coba usaha ginian gan. Walau mungkin tak banyak diminati karena terlalu simpel dan tak banyak menghasilkan uang. Tapi jangan salah dulu, jika jasa pengetikan skripsi, nah lo! Bisa lumayan juga kan. Selain itu jika pengetikannya tak hanya bersifat pasti (pesan-an) bisa di jual juga kan, misalkan pengetikan skripsi sekaligus pembuatannya, atau pembuatan karya ilmiah kan bisa dijual juta’an, asalkan aja ndak ketangkap polisi.

5. Bisnis toko online
Toko online makin diminati masyarakat berbagai lapisan, tampilan yang menarik, mudah di akses dari manapun, tanpa memiliki lapak/lahan untuk berjualan menjadi daya tarik tersendiri. Makin berkembangnya IT memudahkan untuk membuat took online secara gratis, bisa lewat bloger dengan mengganti template “online shop”. Menggunakan sedikit trik SEO untuk mempercantik tampilan serta menaikkan popularitas BLOG, dengan mudah bisa dilakukan untuk membuat toko online secara gratis.

Hal yang paling sulit adalah memulai, menentukan produk yang dijual dan pemasaran. Menentukan target produk sangatlah penting, produk kalangan remaja, dewasa, atau anak-anak adalah contoh kriteria target pasaran produk. Selain itu hal yang menjadi kendala adalah pengiriman barang, jika pembeli dari kota yang sama mungkin tak banyak menuai masalah, akan tetapi jika yang membeli dari luar kota. Akan menjadi sebuah tantangan tersendiri.

6. Desain Grafis

Menjadi desaigner mungkin menjadi prioritas selanjutnya, menjadi editor grafis bisa dikatakan gampang-gampang susah. Harus terus memiliki inovasi dalam berkarya, karena pekerjaan ini meski tidak memiliki patokan dalam edit gambar. Terus menggali potensi untuk menghasilkan karya terbaik, dalam menciptakan inovasi tak bisa dipelajari secara formal, yang bisa dlakukan hanyalah terus-menerus belatih.

Menghasilkan uang sangatlah mudah bagi designer, membuat poster, benner, undangan dan produk design lainnya. Karena kita tahu dalam setiap kegiatan pasti memesan benner, atau dalam acara pernikahan pasti memesan undangan. Hal tersebut menjadi peluang bagi desain grafis, untuk mempermudah mencari pelanggan, mematok harga yang sesuai menjadi alasan tersendiri.

7. Penulis
Menjadi penulis adalah cita-cita banyak orang (yang nulis juga). Ternyata tak semudah yang dikira. Menulis bisa diibaratkan dengan menanam pohon kelapa, tak bisa berharap panen secepat jagung. Menulis adalah proses dari tidak biasa menjadi rutinitas atau hobi yang menyenangkan.

Menjadi penulis bisa mempermudah pekerjaan apapun, dan dengan mudah mendapatkan uang. Sebagai contoh adalah menulis untuk dikirim ke media sosial (koran/majalah). Setiap kali dapat masuk dalam seleksi honor juga lumayan untuk sekedar makan anak kost. Biasanya redaksi menerima tulisan berupa essay, cerpen dan opini, jika naskah diterima penulis akan menerima pemberitahuan lewat e-mail, dan satu minggu berikutnya uang akan di transfer ke rekening kita (enak to!).

Selain menjadi penulis bebas, kita bisa belajar membuat buku. Setiap karya yang termuat di media, bisa dikumpulkan. Setelah banyak terkumpul bisa di rangkai menjadi buku kumpulan cerpen dan sebagainya. Untuk hasil karya tulisan yang lain bisa berupa karya ilmiah dan progam kreatifitas mahasiswa.

8. Jaga Warnet (print & foto copy)
Jaga warnet merupakan pekerjaan yang ringan bisa dilakukan mahasiswa seusai pulang kuliah. Selain mendapat uang dari bekerja jaga warnet, kita bisa memanfaatkan momentum itu untuk pekerjaan yang lain. Pada saat sepi, bisa dilakukan untuk mengerjakan tugas kampus atau sekedar menulis di blog pribadi, kan mumpung internet gratis (jangan FB an mulu yang tau).

9. Kelompok Pertunjukan
Kekompakan tim sangat menentukan untuk mendapat hati para pemirsa. Kelompok ini biasaya berisi berbagai jenis mahasiswa berbakat sesuai bidangnya, bisa berupa band, seni tari, dan kesenian lainnya. Mereka biasanya menunggu iven pada acara-acara tertentu, dengan demikian banyak khalayak ramai yang menyaksikan aksi mereka.

Jika ada yang tertarik, meskipun tak menjadi juara dalam ajang kompetisi tersebut. Bisa juga kelompok kalian diundang untuk acara-acara lain dengan menerima panggilan. Bisa jadi ada pemimpin perusahaan restaurant yang kebetulan menyaksikan aksi kelompok mu, bisa jadi kan aksi mu dinantikan untuk pentas di restaurant.

10. Fotografi
Hanya berbekal kamera dan perangkat lain, bisa dilakukan pekerjaan ini. Meski sekarang makin banyak HP yang canggih dengan kamera berkualitas tak mempengaruhi pekerjaan ini. Pasti semua orang jika ingin melamar pekerjaan atau kelengkapan berkas OPREC organisasi tertentu membutuhkan pas foto. Hal itu menjadi peluang tersendiri untuk para fotografer dengan sedikit sentuhan sotoshop.

Pekerjaan fotografer bisa dilakukan di alam terbuka. Biasanya dilakukan mahasiswa pecinta alam, dengan menampilkan keindahan alam dalam setiap bingkai kamera. Selain itu fotografer amat penting untuk momentum tertentu, dalam acara resmi kampus, konferensi atau pada saat wisuda. Pasti banyak lakunya.

11. Youtuber
Pekerjaan yang satu bisa dikatakan sulit, karena hanya orang-orang tertentu yang memiliki daya tarik tersendiri untuk bisa menaikkan popularitas di yaotube. Banyak diantaranya masih menempuh perguruan tinggi (kuliah) seperti Bayu Skak, Candra Liaw, de el el.

12. Teknisi
Anak teknik mulai beraksi nih!. Selain untuk mengasah keterampilan yang dimiliki. Hal ini bisa mendatangkan rupiah. Anak elektro misalkan bisa menjadi pekerja panggilan untuk pemasangan rangkaian listrik di rumah-rumah warga. Contoh lain, reparasi laptop, dengan kasus paling banyak adalah install ulang. Selain anak IT, dari teknik mesin pun bisa membuka bengkel kecil-kecilan.

Menambah wawasan ilmu dengan mempraktekkan langsung adalah hal yang amat berguna, pengetahuan untuk di terapkan bukan hanya untuk dihafalkan. Namun jangan salah, bukan hanya anak teknik yang bisa menjadi teknisi. Anak jurusan agama pun bisa, yaitu membuka jasa bengkel hati (khusus buat yang suka nge-galau).

13. Jasa Antar-Jemput
Anak kampus biasanya manja, walau hanya jarak dekat pun seperti malas untuk melangkah. Jasa ojek bisa menjadi jawaban atas ke manjaan para mahasiswa. Sekarang mulai rame dibicarakan, jasa antar jemput untuk urusan keseharian mahasiswa. Seperti go-jek misalkan. Sebuah komunitas para ojek modern dengan menawarkan kemudahan bertransaksi secara online (android), selain jasa antar-jemput kemudahan go-jek untuk segala hal keperluan keseharian anda. Pesan nasi pecel mungkin, antri tiket bioskop de el el.

14. Buka Usaha Bareng Teman
Memulai usaha terasa berat jika sendirian, dengan mengajak teman untuk bersama-sama membangun usaha perlu di coba. Selain lebih ringan dalam urusan modal, mendapat lebih banyak orang yang tau tentang usaha kita dengan metode mulut ke mulut. Membicarakan usaha kita dengan teman sekitar, dengan tak terasa cakupan pembicaraan akan makin meluas.

Buka usaha bisa dilakukan dengan menabung sejak dini, misalkan membuka jasa print, pengisian gallon atau memiliki kost untuk di sewakan. Meski terasa berat, jika masih bersama teman tak mas alah kan untuk di coba.

15. Pelayan toko
Menjadi pelayan bukan lah pekerjaan yang ringan, terkadang kurangnya waktu luang menjadi alasan tersendiri bagi mahasiswa, karena menjaga toko biasanya dimulai dari pagi hari sampai sore atau malam. Jadi hampir tak ada waktu luang untuk kuliah bahkan. Meskipun demikian tak menutup kemungkinan untuk bisa bekerja menjadi pelayan toko.

Akan tetapi banyak juga toko yang menawarkan buka pada malam hari atau dua sif jadi bisa ambil bagian jaga sore sampai tutup. Menjaga toko buku misalkan, banyak diantaranya mengerjakan mahasiswa. Atau bekerja sebagai pelayan di restaurant biasanya mau menerima pekerja paruh waktu (part time) untuk mahasiswa.

16. Jaga Masjid
Yang terakhir ini bisa dikatakan bukan pekerjaan, namun pengabdian terhadap rumah Allah. Namun tak menutup kemungkinan efek samping yang ditimbulkan dari menjaga masjid adalah: tempat gratis, dapat santunan tiap minggu, pahala tak terbatas dan jaminan syurga (amin).

Dari pengalaman penulis, menjaga masjid menjadi berkah tersendiri, di samping ringan pekerjaan yang akan dilakukan, masih banyak waktu luang untuk kesibukan yang bermanfaat lainnya.



Demikian itu beberapa hal kesibukkan yang mendatangkan uang atau sekedar meringankan beban ekonomi yang menimpa kalangan mahasiswa. Pilihlah salah satu yang cocok untuk mu, sekaligus mengembangkan bakat dan minat menyongsong masa depan-mu. Atau mungkin punya kriteria pekerjaan yang lain, sumonggo!. Selagi positif dan bermanfaat, tunggu apa lagi? Kalau bukan sekarang untuk memulai. ACTION NOW!!!!!
 
Referensi: http://mhidayat-blog.blogspot.co.id/

Komentar